Wednesday 27 March 2019

3 Hari Melancong ke Singapura

P.S. : INI TULISAN 4 TAHUN YANG LALU ALIAS TAHUN 2015 :))
Jadi kalo ada cerita yang basian ku monmap...

Sebenernya basi banget sih karena perginya udah hampir 3 tahun yang lalu (kalo dari tahun 2019 berarti 7 tahun yang lalu). Jadi kalo masalah budget dan urutan perjalanan jangan ditanya karena udah lupa semua. Tapi kan pepatah bijak berkata...

"You might forget the printilan, but you'll never forget how the trip made you feel." -Cita Teguh

Jadi,
Ini pertama kalinya saya melancong ke luar negeri. Sewaktu itu saya baru lulus sidang dan masih menunggu wisuda. Sebagai mahasiswi setengah lulus, tekad saya waktu itu bukan cepat dapet kerja, melainkan harus pernah menginjakkan kaki ke luar negeri sebelum bekerja! Entah kenapa...

Sehingga berangkatlah saya!

Bermodalkan paspor yang telah satu tahun lebih teronggok tersapu debu di meja belajar, tiket Airasia seharga kurleb 800 ribu perak, dan restu orangtua, saya berangkat ke Singapura dengan teman saya, Lukita dan temannya, Rizka. Baru kenal juga sama Rizka sewaktu di erpot dan ternyata kita bertiga sama-sama first timer. Sehingga jadilah kita temen sepernyasaran.

Setelah 2 jam berlalu, akhirnya kita turun pesawat dan... lho, ini Senayan City?

Tenang mbak. Itu pertanda anda telah sampai di Changi Airport. Sebelum kesana kita juga emang udah sempet googling, konon disana erpotnya bagus banget kek mol, dan emang bener. Dan yang lebih pentingnya lagi, buat para pelancong, di Changi kita bisa ambil brosur dan pamflet yang isinya info tentang tempat-tempat pariwisata disana, bahkan ada map MRT. Ini berguna banget sih buat yang rencana kemana-mana naik MRT.

Kita sampai disana sekitar jam 10 pagi. Hal pertama yang kita cari: sim card provider! Biarpun katanya di Singapura wifi ada dimana-mana, kita tetep mau cari simcard supaya tetep update. Di Changi kita sempet nemu tempat yang jual sim card, sayang mbak'e yang ngejual ngomong enggresnya ngebut banget layaknya Valentino Rossi mau dibalap Pedrosa. Udah "pardon pardon" terus kayaknya dia bete karena kita gak kunjung ngerti. Alhasill menyerahlah kita dan cabut ke hostel nailk MRT. Bagusnya lagi MRT juga terintegrasi antar terminal. Pokoknya tourist-friendly banget deh transportasi publiknya.

Btw, kita nginep di The Hive Backpackers di Serangoon Road. Persis di ujung jalannya Little India. Jadi tenang, bagi yang kurang suka wangi-wangian ala India disitu gak kecium kok. Bahkan saya merekomendasikan hostel tempat saya tinggal itu soalnya tinggal jalan kaki dari stasiun MRT Boon Keng, tempatnya juga nyaman. Kita pesen di kamar 6 bunk bed female only dan hari pertama isinya cuma kita bertiga IHIY! Breakfastnya juga lumayan ada sereal dan roti beserta selir-selir, eh, selai-selainya. Mau susu ada, mau teh ataupun air putih panas juga ada. Mau minjem colokan 3 kaki juga ada tapi dicharge sehari berapa gitu.

Dari situ kita melakukan perjalanan mencari sim card lagi *kekeuh mau ngasih update sama orang-orang tercinta* lalu belilah kita di toko tapi anehnya saya lupa itu 7eleven apa bukan. Yang ngelayanin orang Indihe. Beruntunglah karena ternyata orang Indihe ini enggresnya lebih mumpuni dan aksennya mudah dipahami.

Untuk selanjutnya saya lupa selupa-lupanya urutannya kemana aja. Yang saya inget kita ke beberapa tempat ini:
1. Merlion Park
Tempat foto wajib untuk yang baru pertama kali pergi ke Singapura. Dengan pose ala Merlion mancurin air, pose ala minum air pancurannya Merlion, pose kesembur Merlion dan pose-pose lainnya. Ya kurleb kita begitu jugalah, tapi versi anggunnya.
2. ION Orchard
Emol is emol. Karena di Jakarta udah banyak banget emol, jadi gak tau disana mau ngapain di emol.
3. Mustafa Centre
Surganya pecinta cokelat. (Katanya sih) cokelatnya enak-enakk dan banyak. Banyak sih iya, tapi enak ya lumayan aja soalnya baru bisa beli yang muree *derita mahasiswi baru lulus sidang* disana juga banyak cemilan lainnya jadi kalo untuk oleh-oleh enak juga sih bisa sekalian beli banyak macem.
4. Chinatown
Disini banyak spot bagus juga buat foto dan buat belenjiii.
5. Marina Bay Sands
Ini juga tempat foto wajib bagi para first timer. Waktu itu kita cuma ke mol sih. Sewaktu naik MRT kesana sempet degdegan karena kelebihan satu stasiun pas turun. Takut kartu MRTnya gak bisa dimasukin ke mesin karena fares-nya beda. Eh ternyata kita boleh nuker kartu langsung di kasir dan bayar kekurangan fares-nya. Phew
Sayang kita gak sempet ke Gardens by the Bay, padahal udah deket banget sama MBS tapi kayaknya waktu itu kita gak ngeh akan keberadaannya.
6. Sentosa Island
Kita kesini naik cable car dari Vivocity Mall. Mau ngeliat pantai yang konon tanahnya dikeruk dari Indo. Disana kita keliling-keliling dan sempet hujan. Akhirnya kita gak masuk USS deh *padahal karena ngirit*

Kesan pesan saya tentang Singapura:
1. Kotanya bersih pake banget.
2. Jalanan juga relatif sepi (ya kalo dibanding sama Jakarta sih...)
3. MRTnya udah integrated banget.